Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Keterampilan Mengikuti Ujian.

Syafitri, Rizki Ananda (2020) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Keterampilan Mengikuti Ujian. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIZKI_ANANDA_SYAFITRI_18151041_4252_2020.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fenomena yang ada, masih banyak siswa yang belum memiliki pemahaman yang baik terkait keterampilan mengikuti ujian. Apabila kondisi ini diabaikan begitu saja, maka akan berdampak pada hasil ujian siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) menghasilkan modul Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keterampilan mengikuti ujian yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keterampilan mengikuti ujian yang praktis digunakan oleh siswa dan Guru Bimbingan dan Konseling, (3) menghasilkan modul Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keterampilan mengikuti ujian yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 orang ahli untuk menguji kelayakan, 4 orang guru Bimbingan dan Konseling, dan 23 orang siswa untuk menguji keterpakaian modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakanan alisis deskriptif dan statistic non parametrik. Hasilpenelitianmemperlihatkanbahwa: (1) tingkat kelayakan isi materi dan tampilan modul berada pada kategorisangatlayak,(2) tingkatpraktikalitasmodul beradapadakategorisangattinggi, dan (3) modul yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang keterampilan mengikuti ujian. Dengan demikian, prototype modul Bimbingan dan Konseling perlu diuji efektifitasnya secara lebih luas dengan penelitian eksperimen sebelum digunakan secara lebih luas oleh Guru Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jul 2021 04:12
Last Modified: 15 Jul 2021 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32385

Actions (login required)

View Item View Item