Penataran Didaktik Metodik Pengajaran Olah Raga bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kodya Padang

Agua, Apri and Badri, Hanif and Bafirman, Bafirman and Kiram, Yanuar and Kam, Rasyiddin (1991) Penataran Didaktik Metodik Pengajaran Olah Raga bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kodya Padang. Project Report. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
KKI_A_SARUMPAET_1005_1991.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan dibidang pendidikan Dasar di Kecamatan Bungus Teluk Kabung telah digalakan, mulai dari peningkat- an kwalitas dan kwantitas para guru juga penambahan sarana dan prasarana pendidikan.Kemampuan para guru harus diting- katkan seiring dengan pesatnya peJJkembangan ilmu pengeta- huan dan teknologi. pengajaran setiap mata pelajaran di sekolah oasar sebaiknya dipegang oleh guru yang mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan, sehingga mereka akan menjadi pro- fesional.Jika guru telah profesional dalam bidangnya, mak.a otomatis kwalitas lulusan akan lebih baik. ~emikian juga halnya dengan bidang studi olahraga dan kesehatan.seharusnya guru yang mengajarkna olahraga dan kesehatan tersebut adalah guru yang mempunyai latar belakang pendidikan guru olahraga atau setidak-tidaknya pernah mendapat pendidikan dan keterampilan untuk itu. Akan tetapi kenyataan yang ada di Kecmatan Bungus Teluk Kabung tidak demikian halnya.Banyak diantara para guru kelas yang memiliki latar belakang pendidikan guru umum harus mengajarkan olahraga dan kesehatan, karena ke- tiadaan guru bidang studi olahraga dan kesehatan.Tentu saja mereka ini akan mengalami kesulitan dalam banyak hal pada waktu mengajarkan olahraga.Jangan mereka ini, guru yang berasal dari S GO pun kadang-madang masih kurang mampu mengelola pros~ belajar mengajar olahraga bersama anak didik. Mengingat akan hal tersebut, maka kami mencoba men- i , ii coba mencarikan jalan pemecahan masalahnya •lengan me Laku- kan kegiatan pengablian pada masyurakat berupa penataran yang menyengkut masalah Ji:laktik metodik. pengajaran olah raga bag! Sekolah Dasar.Diharapkan melalui kegiatan ini akan dapat meningkatkan seuikit banyaknya pengetahuan pa- ra guru-guru yang mengajar olagraga dan kesehatan ters~but Adapun yang menjadi peserta penataran ini adalah se- mua guru-guru olahraga dan kesehatan, baik yang berlatar belakang pendidikan guru olahraga maupun tidak.Jumlah me- reka sebanyak 19 orang yang terdiri dari 8 orang lulusan s Go, 3 orang lulusan program khusus guru olahraga dan sisanya sebanyak 8 orang lagi mempunyai latar belakanr pendidikan lainnya. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan melalui metode• penataran, karena metode ini dianggap cukup efek- tif guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Di samning i tu masalah waktu juga merupakan bahan pert.i.mbangnn yang ikut menentukan. Hasil yang dicapai melalui penataran ini antara lain : 1. Materi penataran sangat relevan dengan tugas merekrr sebagaf guru olahraga dan kesehatan di sekolah Da.aa.r , 2. Materi yang diberikan bagi mereka sangat bar-uz'ak tua.l dan para guru tersebut cukup intersan untrue mengetahui lebih jauh lagi. 3. Materi yang diberikan cukup dapat menambah pengatahuan para peserta penatran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 May 2021 07:57
Last Modified: 17 May 2021 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item