Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Pariaman

Mazza, Fina Mashlahatul (2021) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FINA_MASHLAHATUL_MAZZA_15029097_626_2020.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika mesti dimiliki oleh peserta didik sebagai kemampuan dasar dalam belajar matematika. Fakta di lapangan menunjukkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 4 Pariaman masih rendah. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran yang dilaksanakan cenderung berpusat kepada guru, sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model discovery learning sebagai wadah untuk melatih peserta didik membangun pemahaman konsep matematika sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model discovery learning dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 Pariaman. Jenis peneliltian yang diterapkan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII 2 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII 3 sebagai kelompok kontrol. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t. Hasil tes pemahaman konsep matematika menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh peserta didik kelompok eksperimen adalah 14,42, sedangkan rata-rata skor kelompok kontrol adalah 12,78. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh p-value = 0,007 pada taraf nyata a = 0,05. Artinya, pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model discovery learning lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 pariaman, sehingga dapat dikatakan model discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:23
Last Modified: 13 Apr 2021 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item