Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Ayunizalmi, Ayunizalmi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AYUNIZALMI_161229014_4050_2020.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahanbelajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, guru kurang memupuk kemampuan siswa untuk memecahkan suatu masalah nyata yang ada di sekitarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning (PBL) di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Itahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 16 orang, peneliti berperan sebagai praktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 83,33% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35% dengan kualifikasi Cukup (B), meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh nilai 80,35% dengan kualifikasi Cukup (B), meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai 72,72% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II 81% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:17
Last Modified: 30 Mar 2021 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30821

Actions (login required)

View Item View Item