Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Soal Cerita Matematika dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 04 Tiumang Kabupaten Dharmasraya.

Sari, Lisya Yulia (2021) Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Soal Cerita Matematika dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 04 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_LISYA_YULIA_SARI_1303919_191_2019.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang penulis alami khususnya pada materi soal cerita matematika. Siswa selalu sulit untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan pada soal cerita tersebut sehingga menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Kesulitan tersebut terlihat dalam proses pembelajaran dimana siswa tidak aktif dalam belajar, tidak acuh terhadap pelajaran, sering ribut dan bosan dalam belajar. Dari studi awal, penulis memperkirakan hal ini terjadi karena materi yang disampaikan secara konvensional dengan metode ceramah sehingga menimbulkan aktivitas belajar yang rendah dan siswa kurang termotivasi dalam belajar.Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, dan tahap refleksi. Pada tahap pengamatan penulis dibantu oleh observer yang bertugas mengamati dan merekam data aktivitas dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:55
Last Modified: 25 Mar 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item