Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Batuan di Pdd Akn Sawahlunto.

Iqbal Sy, Muhammad (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Batuan di Pdd Akn Sawahlunto. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
05_MUHAMMAD_IQBAL_16138060_5668_2018 (1).pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Tanah dan Batuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang digunakan adalah adaptasi dari model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat komponen tersebut dipandang sebagai siklus dalam penelitian adalah satu putaran yang terdiri dari perencanaan tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan pembelajaran dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning telah terlaksana dengan sangat baik, keaktifan belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan angket berada pada kategori tinggi dan baik, hasil belajar siswa mencapai 83,33 dan telah mencapai nilai ≥ 70.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:01
Last Modified: 25 Mar 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30756

Actions (login required)

View Item View Item