Peningkatan Hasil Belajar Siswa padaPembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem BasedLearning (PBL) di Kelas IVB SDN 2 Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Fadhilah, Zahratun (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa padaPembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem BasedLearning (PBL) di Kelas IVB SDN 2 Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ZAHRATUN_FADHILAH_16129281_593_2021.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukkan bahwabelum maksimalnya hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran tematikterpadu. Hal ini dikarenakan guru masih mendominasi dalam proses pembelajarantematik dibandingkan peserta didik. Sehingga siswa kurang aktif dalampembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasilpembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem BasedLearning (PBL) di kelas IV Sekolah Dasar.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswaKelas IVB SDN 2 Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung dengan jumlah 16orang siswa, 7 orang laki – laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 77,77%dalamkategori cukup (C) dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori sangatbaik (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 85,71% dalamkategori baik (B) dan siklus II meningkat menjadi 92,85% dalam kategori sangatbaik (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 85,71% dalam kategori baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 92.85%dalam kategori sangat baik (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik dalampeningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 78,84% dansiklus II meningkat dengan rata-rata 92,34%. Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapatmeningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dikelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item View Item