PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMAN 1 SUNGAI RUMBAI

Gunawan, Alamsyah (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMAN 1 SUNGAI RUMBAI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_3_DEBBY_GUNAWAN_15031101_695_2020.docx

Download (264kB)

Abstract

Permasalahan di SMAN 1 Sungai Rumbai yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi ruang lingkup biologi di SMAN 1 Sungai Rumbai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi ruang lingkup biologi di SMAN 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Sungai Rumbai yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 orang yang terkelompok dalam dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, yang terpilih kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan penilaian produk untuk kompetensi keterampilan. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkanhasilpenelitianterungkap bahwakompetensipengetahuanpesertadidikpada kelas eksperimen 86,93% kelas kontrol 75,60%nilaikelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen 80,53% kelas kontrol 79,33% dankompetensi sikap padakelaseksperimen 83,33% kategoribaik,kelaskontrol 79,93% dengankategoribaik. Inimenunjukkanbahwanilai peserta didik padakompetensipengetahuan, sikapdanketerampilandapat perbedaan nilai yang signifikan dengan thitung(5,08) dan ttabel(1,67).Dengan demikian, disimpulkan bahwamodel pembelajaranSnowball Throwing berpengaruh ositifterhadapkompetensi belajarpeserta didik padamateriruang lingkup biologi di SMAN1 Sungai Rumbai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:01
Last Modified: 19 Mar 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30662

Actions (login required)

View Item View Item