Efektivitas Teknik Reinforcement (Verbal) untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Autisme Kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang

Khairi R, Nadiya (2021) Efektivitas Teknik Reinforcement (Verbal) untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Autisme Kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NADIYA_KHAIRI_R_16003086_835_2021.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya permasalahan di SLB Autisma YPPA Padang, di mana terdapat salah seorang anak autisme di kelas VII yang memiliki durasi ketahanan duduk yang rendah. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan durasi ketahanan duduk dan juga melihat apakah pemberian reinforcement secara verbal ini dapat berpengaruh atau efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini ialah seorang anak autisme. Target behavior dalam penelitian ini ialah meningkatkan durasi ketahanan duduk dengan bentuk penilaian yang diberikan dalam bentuk durasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kondisi yaitu kondisi baseline I, intervensi, dan baseline II. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A1) dilakukan sebanyak empat kali pengamatan. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan intervensi dengan menggunakan teknik reinforcement secara verbal pada intervensi (B) yang dilakukan selama tujuh kali pengamatan. Kemudian pada kondisi baseline II (A2) dilakukan sebanyak lima kali pengamatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan grafik sehingga hasil penelitian ini dapat tergambar secara jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reinforcement secara verbal dapat meningkatkan durasi ketahanan duduk anak autisme. Dengan demikian terbukti rumusan masalah yang dikemukakan bahwa pemberian reinforcement secara verbal untuk meningkatan durasi ketahanan duduk pada anak autisme kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang dapat meningkat sehingga peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan teknik reinforcement ini dalam pembelajaran lainnya terkait permasalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:00
Last Modified: 19 Mar 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30659

Actions (login required)

View Item View Item