Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pemebelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 15 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Susila, Desi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pemebelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 15 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DESI_SUSILA_16129304_88_2021.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan belajar siswa dalam tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 15 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas dan teman sejawat sebagai observer. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 83,32% (B) menjadi 94,44% (A), aktivitas guru dari 81,26% (B) menjadi 93,75% (A), aktivitas siswa dari 84,37% (B) menjadi 93,75% (A), dan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan yaitu 74,60 menjadi 93,01, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 63,52 menjadi 74,65. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 15 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:03
Last Modified: 18 Mar 2021 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item View Item