Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1,2 dan3 dengan Pendekatan Saintifik di Kelas III B SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman

Safitri, Annisa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1,2 dan3 dengan Pendekatan Saintifik di Kelas III B SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ANNISA_SAFITRI_16129250_82_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu pada pelaksanaan guru masih belum maksimal dalam penggunaan media pembelajaran, guru masih belum maksimal dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru tidak memandu siswa dalam mengumpulkan sebuah informasi seperti membaca buku, melakukan kegiatan percobaan melainkan guru hanya menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional (ceramah), guru belum maksimal dalam melakukan kegiatan berpikir tentang materi yang sedang dipelajari; dan guru tidak pernah meminta siswa untuk menyampaikan dan menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang mayoritas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 3 pada subtema 1, 2 dan 3 dengan pendekatan saintifik di kelas III B SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan 20 orang siswa kelas III B SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman. Data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan hasil pengamatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dengan siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 81,82% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, (b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan siswa pada siklus I sama-sama memperoleh nilai 80% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,13 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,34.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3Subtema 1,2 dan 3 di kelas III SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:33
Last Modified: 16 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item View Item