Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X MIA MAN 3 Kota Padang Panjang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Materi Animalia

Dewita, Refma (2020) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X MIA MAN 3 Kota Padang Panjang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Materi Animalia. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_REFMA_DEWITA_1204163_1935_2020.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah hasil evaluasi pengetahuan, lembar pengetahuan, lembar observasi sikap dan lembar penilaian keterampilan peserta didik. Subjek penelitian adalah kelas X MIA MAN 3 Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Basil penelitian menunjukkan bahwa model Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan peserta didik dengan rata-rata nilai prasiklus sebesar 67,37%, Siklus I sebesar 77,87% dan Siklus II sebesar 82,49%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Animalia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA MAN 3 Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:43
Last Modified: 09 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30376

Actions (login required)

View Item View Item