Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Harga-Diri (Self-Esteem) Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMK Kota Padang

Izzati, Rahmi (2020) Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Harga-Diri (Self-Esteem) Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMK Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAHMI_IZZATI_17151039_4073_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyalahgunaan narkoba pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan semakin meningkat, dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah Guru BK/Konselor belum memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar kegiatan bimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pribadi, belajar, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan harga-diri (self-esteem) siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan harga-diri (self- esteem) dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (3) mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektifitas panduan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan harga-diri (self-esteem) siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMK dan Guru BK/Konselor. Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK/Konselor. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji statistik Koefisien Kendall's (W). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat harga-diri (self-esteem) berada pada kategori sedang, tingkat sikap (attitude) siswa dalam penyalahgunaan narkoba berada pada kategori rendah, dan tingkat hubungan yang signifikan antara harga-diri (self-esteem) dengan sikap (attitude) siswa dalam penyalahgunaan narkoba (2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok belum terlaksana secara optimal dengan berbagai kendala untuk mengatasi permasalahan penyalahgunaan narkoba, Guru BK/Konselor belum menyusun strategi pelaksanaan dengan baik, belum merancang materi kegiatan, belum menggunakan metode, teknik yang tepat dan menarik, belum memanfaatkan media pembelaj aran serta belum memiliki panduan khusus dalam pemberian layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan harga-diri (self-esteem) siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (3) tingkat kelayakan materi/isi panduan berada pada kategori sangat layak dan tingkat kelayakan tampilan panduan berada pada kategori sangat layak, tingkat penggunaan panduan oleh Guru BK/Konselor berada pada kategori sangat baik, adanya peningkatan yang signifikan terhadap harga-diri (self-esteem) siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba setelah implementasi panduan. Artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK/Konselor sebagai bahan pelaksanaa layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan harga-diri (self- esteem) siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:43
Last Modified: 09 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item