Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Numbered Head Together dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping

Yulian, Tristantri (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Numbered Head Together dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_TRISTANTRI_YULIAN_16129418_3914_2020.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan kegiatan pembelajaran belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan saat proses pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Kooperatif Numbered Head Together dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping Penelitian ini dilaksanakan di SDN 16 Kampung Nan VI dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a)RPP siklus I rata-rata persentase keberhasilan dari kedua pertemuan adalah 80,55% dengan prediket baik (Baik) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan prediket sangat baik (SB), b)pelaksanaan aktivitas guru siklus I rata-rata persentase keberhasilan adalah 79% dengan prediket cukup (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% dengan prediket sangat baik (SB), c)pelaksanaan aktivitas siswa rata-rata persentase keberhasilan adalah 74,95% dengan prediket cukup (C) meningkat pada siklus II adalah 91,6% dengan prediket A, d) hasil belajar siswa siklus I 73,74, meningkat pada siklus II menjadi 90,02 dengan prediket A. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:55
Last Modified: 22 Jan 2021 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29456

Actions (login required)

View Item View Item