Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang

Putri, Desi Tiara (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DESI_TIARA_PUTRI_16016070_1694_2020.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, menjelaskan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Kedua, menjelaskan keterampilan menulis teks berita siswa VIII SMP Negeri 8 Padang. Ketiga, menjelaskan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 8 yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 256 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sebesar 15% menggunakan metode undian. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) adalah keterampilan membaca pemahaman dan variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis teks berita. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengunpulan data yang digunakan yaitu memberikan tes tentang keterampilan membaca pemahaman dan memberikan tes menulis teks berita. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas. Teknik dalam menganalisis data penelitian ini yaitu penskoran, penilaian, menentukan nilai rata-rata hitung (M), pengklasifikasian, pengkorelasian, pengujian keberartian hipotesis, dan membahas analisis, serta menyimpulkan hasil pembahasan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hi tung sebesar 81, 13. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks berita sebesar 81,25. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel 3,81> 1,68. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP N egeri 8 Padang. Dengan demikian, dapat diketahui dalam keterampilan menulis dibutuhkan keterampilan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:10
Last Modified: 21 Jan 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29413

Actions (login required)

View Item View Item