Perbedaan Model Inkuiri dan Konvensional terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 1 di Kelas V Gugus I Kec Pancung Soal Kab Pesisir Selatan

Putri, Rekha Herlina (2020) Perbedaan Model Inkuiri dan Konvensional terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 1 di Kelas V Gugus I Kec Pancung Soal Kab Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REKHA_HERLINA_PUTRI_16129388_3918_2020.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dilapangan bahwa selama proses pembelajaran kemampuan berfikir kritis peserta didik kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model Inkuiri dan Konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang digunakan adalah jenis eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah The Nonequvalen Pretest-Postet Control Group Design merupakan desain yang mempunyai kelompok kontrol Penelitian ini dilakukan pada semester I ajaran tahun 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistic uji t, dengan taraf signifikan 5% (=0,05) Berdasarkan hasil analisis data didapat hasil thitung 8,29 dan ttabel = 1,68830. Dengan thitung > ttabel yaitu (8,29 > 1,68830) berarti Ha diterima. Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model Inkuiri dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:03
Last Modified: 20 Jan 2021 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29364

Actions (login required)

View Item View Item