Efektifitas Yideo Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Gambar Gantungan Kunci Bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas XVC di SLB Negeri I Pariaman)

Sabarudin, Buyung (2020) Efektifitas Yideo Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Gambar Gantungan Kunci Bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas XVC di SLB Negeri I Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_BUYUNG_SABARUDDIN_15003040_916_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ditemukan di SLB Negeri 1 Pariaman, terhadap seorang siswa tunagrahita ringan berusia 19 tahun yang mengalami masalah dalam membuat desain gambar gantungan kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah video tutorial efektif untuk meningkatkan keterampilan desain gambar gantungan kunci bagi sisrva tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah Single subject Research (ssRl dengan desain A - B - A. Pengumpulan data pada kondisi baseline (Al) secara kontiniu selama 5 kali, memberikan intervensi dengan menggunakan video tutorial (B) dilakukan selama 8 kali, melihat kondisi baseline yang kedua (A2) selama 4 kali. Pengolahan data diukur dan dianalisis dengan rnenggunakan visual grafik. Berdasar'kan hasil alalisis data daiarn kondisi, rnenunjukkan penirigkatan kemampuan membuat desain gxnbar gantungan kunci secara positif. Overlap data pada analisis antar kondisi, pada baseline (Al) dan intervensi (B) adalah 25o/o dart overlap datapada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 50%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa video tutorial eftkti.f dig+nakan untuk meningkatka* keterampilgn Cessin garnb.+r gantungen kunci bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:06
Last Modified: 17 Dec 2020 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29086

Actions (login required)

View Item View Item