Pengembangan Model Book Chapter pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik yang Terintegrasi Literasi Baru dan Literasi Bencana Siswa Kelas XI SMA.

Anori, Syarifa Rahmi (2020) Pengembangan Model Book Chapter pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik yang Terintegrasi Literasi Baru dan Literasi Bencana Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SYARIFA_RAHMI_ANORI_16033033_2730_2020.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Pada era revolusi 4.0 dibutuhkannya keterampilan abad-21 yang akan membangun SDM yang unggul dan mampu berkompetisi di kehidupannya. Salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki adalah penguasaan literasi. Namun pada kondisi nyata yang terjadi menunjukkan kurangnya kemampuan literasi baru dan literasi bencana yang dimiliki siswa. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan model book chapter fisika terintegrasi literasi baru dan literasi bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik model book chapter fisika, validitas dan praktikalitas model book chapter fisika terintegrasi literasi baru dan literasi bencana. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan pengembangan Sugiyono. Langkah penelitian Research & Development (R&D) yang dilakukan dari pengumpulan potensi dan masalah, kemudian pengumpulan data dan informasi yang ada di XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP, mendesain produk, melakukan validasi dengan dosen Fisika FMIPA UNP, dan praktikalitas dari siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pada tahap potensi dan masalah yang terdiri dari lembar observasi pelaksanaan pembelajaran fisika, lembar analisis dokumen, dan lembar analisis tes pengetahuan awal siswa dalam pembelajaran fisika, kemudian instrumen uji validitas dan instrumen uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tahap potensi dan masalah, analisis data deskriptif dengan mendeskripsikan validitas dan kepraktisan produk. Berdasarkan potensi dan masalah yang ada di SMA Pembangunan Laboratorium UNP didapatkan tiga permasalahan yaitu proses pembelajaran dan materi buku teks fisika yang digunakan siswa kelas XI belum belum secara optimal mengintegrasikan literasi baru dan literasi bencana dan hasil belajar siswa kelas XI memperlihatkan masih rendahnya kemampuan literasi baru dan bencana siswa. Hasil analisis data dari penelitian ada dua. Pertama, model book chapter fisika yang terintegrasi literasi baru dan literasi bencana dengan nilai validasi 79,78 dengan kategori baik sekali. Kedua, model book chapter fisika terintegrasi literasi baru dan literasi bencana dengan nilai kepraktisan 84,77 dengan kategori baik sekali. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model book chapter pada materi termodinamika dan gelombang mekanik terintegrasi literasi baru dan literasi bencana valid dan praktis digunakan untuk siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:44
Last Modified: 10 Nov 2020 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28771

Actions (login required)

View Item View Item