Analisis Tingkat Kesesuaian Materi Fisika dengan Tujuan Kurikulum dan Materi Banjir.

Antari, Luthfika Putri (2020) Analisis Tingkat Kesesuaian Materi Fisika dengan Tujuan Kurikulum dan Materi Banjir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_5_LUTHFIKA_PUTRI A._16033055_2789_2020.docx

Download (10kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami bencana alam. Upaya mitigasi bencana yang harus dilakukan yaitu menambahkan pengetahuan dan pemahaman tentang bencana melalui pendidikan. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana adalah mata pelajaran Fisika. Pembelajaran Fisika yang terintegrasi dengan materi Banjir cocok sekali diterapkan di Indonesia terutama daerah Sumatera Barnt. Namun, faktanya dilapangan belum ada buku teks yang beredar yang terintegrasi dengan materi Banjir. Sehingga perlu adanya analisis kesesuaian materi Fisika SMA/MA dengan materi Banjir minimal satu semester. Sebelum mengintegrasikan materi Banjir ke dalam materi Fisika SMA/MA perlu adanya analisis kesesuaian materi Fisika SMA/MA pada bahan ajar yang digunakan dengan tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi Fisika SMA/MA dengan tujuan kurikulum dan materi Banjir. Keterlaksanaan kurikulum 2013 tergantung pada keterlaksanaan Standar Isi yang menjadi celah untuk mengintegrasikan materi Fisika dengan materi Banjir dan Standar Sarana dan Prasarana yaitu bahan ajar Perlu adanya pengembangan bahan ajar yang terintegrasi dengan materi Banjir. Namun sebelum mengintegrasikan materi Banjir dengan materi Fisika, perlu adanya analisis untuk melihat materi Fisika yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi Fisika SMA/MA dengan Tujuan Kurikulum dan Banjir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bahan ajar Fisika SMA/MA kelas X, XI dan XII yang diterbitkan di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran Fisika SMA/MA edisi revisi 2016 kelas X, XI dan XII karangan Marthen Kaingan yang diterbitkan oleh Erlangga. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen penilaian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat kesesuaian Tujuan Kurikulum pada buku teks pelajaran Fisika SMA/MA kelas X, XI dan XII pada keseluruhan semester adalah 86% untuk kelas X semester 1, 89% untuk kelas X semester 2, 90% untuk kelas XI semester 1, 93% untuk kelas XI semester 2, 92% untuk kelas XII semester 1 dan 89% untuk kelas XII semester 2 dengan keseluruhan semester mendapat kategori sangat sesuai. Tingkat kesesuaian materi Fisika pada buku teks pelajaran Fisika SMA/MA kelas X, XI dan XII dengan materi Banjir untuk kelas X semester 1 adalah 68% (sesuai) , kelas X semester 2 adalah 71 % (sesuai), kelas XI semester 1 adalah 81 % (sangat sesuai), kelas XI semester 2 adalah 73% (sesuai), kelas XII semester 1 adalah 48% (tidak sesuai) dan kelas XII semester 2 adalah 43% (tidak sesuai)..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:33
Last Modified: 02 Nov 2020 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28689

Actions (login required)

View Item View Item