Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah

Syafira, Husni (2020) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HUSNI_SYAFIRA_2978_16129325_2978_2020.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dilapangan bahwa selama proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika serta siswa tidak aktif pada pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran matematika yang dominan dilaksanakan dengan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen.Statistik penelitian ini menggunakan statistik parametrik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah yang terdiri dari 5 sekolah. Penarikan sampel ini dengan Cluster Sampling diperoleh SDN 27 Anak Air kelas IV a sebagai kelas kontrol dan SDN 27 Anak Air Kelas IV c sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah Tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest hasil belajar keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan model Discovery Learning pada kelompok eksperimen sebesar 87,92 dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model Discovery Learning sebesar 69,58. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh thitung 3,933 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 58 adalah 1,67155. Berarti thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:11
Last Modified: 26 Oct 2020 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

View Item View Item