Pelaksanaan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 21 Padang.

Rifdah, Munisah (2020) Pelaksanaan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 21 Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_3_MUNISAH_RIFDAH_16004026_2097_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam pelaksanaan bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 21 Padang (1) Untuk melihat sejauh mana pelaksanaan bimbingan TIK berdasarkan K13 di SMP Negeri 21 Padang (2) Untuk menemukan faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan TIK di SMP Negeri 21 Padang (3) Untuk menemukan faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan TIK di SMP Negeri 21 Padang (4) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengatasi pelaksanaan bimbingan TIK berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 21 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti di SMP Negeri 21 Padang melihat masih belum sempurna pelaksanaan bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berjalan di SMP Negeri 21 Padang tersebut. Bimbingan TIK yang berjalan masih memiliki kekurangan yang telah terjalankan oleh SMP Negeri 21 Padang tersebut. Bimbingan tersebut masih menjadi hal yang belum sepenuhnya dipahami bagi sebagian guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Wakil Kurikulum, Guru TIK, Guru bidang studi IPA, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif model menurut Miles dan Huberman (Gunawan, 2013) melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan Membercheck. Hasil peniliti ini menunjukkann (1) Pelaksanaan bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi berdsarkan implementasi Kurikulum 2013 mendapatkan dukungan baik dari personil sekolah (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan Teknlogi Informasi dan Komunikasi berdasarkan Kurikulum 2013 adalah saranan dan prasarana, serta dukungan dan semangat dari guru TIK yang memberikan bimbingan kepada siswa dan guru (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan TIK terdapat hambatan yaitu kurangnya tenaga pengajar TIK (4) Upaya yang dilakukan oleh sekolah dan guru dalam pelaksanaan bimbingan TIK dengan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Wakil Kurikulum dan guru TIK. Salah satu upaya yang telah dilakukan sekolah adalah meberikan bimbingan kepada guru dan siswa setiap minggunya baik berupa bimbingan klasikal maupun individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 23 Oct 2020 07:04
Last Modified: 23 Oct 2020 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item