Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA 3 Padang.

Rahmadhani, Annisa Tria (2020) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ANNISA_TRIA_15029062_2485_2020.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik di SMA N egeri 3 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Dimana kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan yaitu soal tes pemahaman konsep matematis. Data tes pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik, diperoleh P-value = 0,000 kurang dari a = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:05
Last Modified: 08 Oct 2020 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28434

Actions (login required)

View Item View Item