Studi Literatur Penerapan Variasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelaj aran IPA terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik.

Dianaweli, Atikah (2020) Studi Literatur Penerapan Variasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelaj aran IPA terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ATIKAH_DIANAWELI_16031083_2782_2020.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran IPA di sekolah adalah masih rendahnya kompetensi belajar IP A peserta didik yang dihasilkan. Variasi model pembelajaran yang diterapkan guru menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Berhasilnya penerapan model pembelajaran TGT sudah banyak dilakukan oleh penelitian terdahulu. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengumpulkan informasi dari sumber referensi pada penelitian yang pemah dilakukan dan memperoleh kesimpulan sejauh mana pengaruh penerapan variasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran IP A terhadap kompetensi belajar berdasarkan studi literatur yang saling berkaitan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi literatur melalui review terhadap artikel terkait model pembelajaran TGT dalam pembelajaran IP A terhadap kompetensi belajar peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan diperoleh 6 artikel yang terakreditasi minimal SINT A 4, sedangkan untuk data yang digunakan adalah data sekunder dengan analisis deskriptif dan pendekatan kualitiatif. Proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe TGT pada penelitian sebelumnya dapat meeningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik yang berdampak pada kompetensi belajar. Sehingga dari 6 artikel yang telah dianalisis diperoleh kesimpulan secara umum bahwa penelitian mengenai variasi penerapan model pemebelajaran kooperetif tipe TGT dalam pembelajaran IP A memiliki pengaruh positif untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:55
Last Modified: 07 Oct 2020 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28414

Actions (login required)

View Item View Item