Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik

Wulandari, Prima (2019) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_PRIMA_WULANDARI_4650_15046044_2019.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penggunaan model cooperative learning tipe think talk write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Traggart yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan artinya penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 7 Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase dan diberi pemaknaan dalam setiap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil dari penelitian tentang penggunaan model cooperative learning tipe think talk write untuk meningkatkan aktivitias belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah Indonesia yang telah penulis lakukan di SMAN 7 Padang maka diperoleh hasil bahwa model pembelajaran TTW dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Selain itu dari 3 indikator yang dimiliki model pembelajaran TTW hanya 2 indikator yang berada pada kategori baik yaitu pada think dan write. Dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe think talk write dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam berpikir dan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:43
Last Modified: 01 Sep 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28143

Actions (login required)

View Item View Item