Aufa, Mir-atul (2020) Error Analysis on Classroom Language Made by Pre- service Teachers of English Education Program UNP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_2_MIR_ATUL_AUFA_15018090_701_2020.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Classroom Langauge adalah bahasa yang digunakan guru secara rutin dalam keseharian di kelas untuk melibatkan siswa dengan pelajaran. Sebagai salah satu paparan bahasa utama bagi siswa, guru PL (praktik lapangan) diharapkan untuk menghasilkan bahasa yang benar secara linguistik. Namun, beberapa error masih ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis error pada kelas guru pre-service guru saat melakukan praktik lapangan di sekolah menengah atas. Analisis ini diadaptasi berdasarkan JamesTarget Modification Taxonomy. Bahasa kelas yang dianalisa yaitu berupa instruksi sederhana dan pertanyaan yang diberikan oleh guru PL. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima guru PL dari empat sekolah yang berbeda. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah observasi, dokumen, dan wawancara. Classroom Language guru PL dianalisis dengan mengkategorikan errors ke dalam jenis dan penyebab errors . Beberapa masalah yang berkaitan dengan classroom language guru PL juga ditemukan. Masalah yang ditemukan menghambat penggunaan bahasa kelas secara optimal. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada kesalahan tata bahasa (grammar) dan leksikal. Kesalahan tata bahasa adalah omission (50%), overinclusion (21,73%), misselection (8,70%) dan misplacement (4,34%). Beberapa elipsis (15,21%) juga terdeteksi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 00:59 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 00:59 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27958 |
Actions (login required)
View Item |