Pengembangan E-modul Fisika SMA/MA Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Materi Bencana Banjir untuk Meningkatkan Kompetensi Mitigasi Bencana.

Lestari, Ladia (2019) Pengembangan E-modul Fisika SMA/MA Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Materi Bencana Banjir untuk Meningkatkan Kompetensi Mitigasi Bencana. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LADIA_LESTARI_17175018_4963_2019.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Hasil analisis kebutuhan dan konteks menunjukkan bahwa pembelajaran disekolah belum memberikan penyadaran, pemahaman, dan kemampuan peserta didik dalam bertindak tentang mitigasi bencana banjir. Hal ini disebabkan kurang tersedianya sumber belajar yang memfasilitasi kegiatan tersebut, sehingga peserta didik kurang memiliki kompetensi tentang mitigasi bencana banjir. Pemanfaatan teknologi merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran tentang mitigasi. Diantaranya sumber belajar yang bisa dikembangkan adalah e-modul. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menghasilkan e-modul Fisika SMA/MA berbasis model SETS terintegrasi materi bencana banjir untuk meningkatkan kompetensi mitigasi bencana dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis Penelitian ialah Design Research. Pengembangan produk mengacu pada tahap Plomp, yaitu analisis pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Data penelitian ialah data kompetensi lulusan, analisis materi, kegiatan pembelajaran, pengetahuan awal, peserta didik, potensi daerah, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Instrumen penelitian ialah kuesioner, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar observasi sikap dan keterampilan, lembar penilaian diri peserta didik, dan soal objektif. Teknik pengumpulan data ialah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data ialah data validitas dianalisis dengan formula aiken’s V. Data praktikalitas dianalisis dengan skala likert, dan data efektivitas dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ialah e-modul Fisika SMA/MA berbasis model SETS terintegrasi materi bencana banjir untuk meningkatkan kompetensi mitigasi bencana dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Implikasi penelitian menunjukkan e-modul Fisika SMA/MA berbasis model SETS terintegrasi materi bencana banjir layak dipertimbangkan oleh guru untuk dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Fisika. Kesimpulan penelitian adalah e-modul Fisika SMA/MA berbasis model SETS terintegrasi materi bencana banjir termasuk ke dalam kriteria valid, sangat praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2020 05:33
Last Modified: 05 Aug 2020 05:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27902

Actions (login required)

View Item View Item