Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif dan Kreatifitas dalam Menulis Melalui Strategi Picture Word Inductive Model (PWIM) pada Mahasiswa Semester Dua Jurusan Non- Bahasa Inggris di UIN Raden Fatah Palembang.

Meifira, Elsa Ninda (2019) Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif dan Kreatifitas dalam Menulis Melalui Strategi Picture Word Inductive Model (PWIM) pada Mahasiswa Semester Dua Jurusan Non- Bahasa Inggris di UIN Raden Fatah Palembang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ELSA_NINDA_MEIFIRA_1309436_5096_2019.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis mahasiswa semester dua jurusan non- Bahasa Inggris masih rendah dan belum mencapai standar ketuntasan minimal yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: keterbatasan kosa kata, tidak pahamnya aspek tata bahasa, kesulitan dalam menyampaikan ide untuk menulis karna waktu yang kurang, dan kreativitas yang perlu ditingkatkan untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan picture word inductive model (PWIM). Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis Mahasiwa pada paragraf deskriptif dan meningkatkan kreativitas mereka dalam menulis menjadi lebih baik, serta faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan menulis tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 5 pertemuan setiap siklusnya. Peneliti mengumpulkan data melalui tugas, tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester dua jurusan Ilmu Hadis sebanyak 37 orang. Peneliti dibantu oleh dosen MKU Bahasa Inggris sebagai kolaborator. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II menunjukkan bahwa PWIM dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada paragraf deskriptif dan mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis. Disamping itu, nilai rata-rata menulis siswa juga meningkat pada setiap siklus. Pada sebelum siklus adalah 49.5, tes I adalah 62.34, dan tes II adalah 70, dan lebih dari 70% siswa lulus dalam menulis paragraf deskriptif. Sementara, hasil tes kreativitas dalam menulis juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa sebelum siklus adalah 5.2, tes I adalah 7.1, dan tes II adalah 7.5. Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya materi, media, kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, strategi pengajaran, dan pendekatan guru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan PWIM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskriptif dan kreativitas dalam menulis pada siswa jurusan Ilmu Hadis di UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2020 05:31
Last Modified: 03 Aug 2020 05:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27843

Actions (login required)

View Item View Item