Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar.

Sarie, Resca Corrina (2019) Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RESCA_CORRINA_SARIE_17124052_4036_2019.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar siswa di SD kota Padang. Hal ini disebabkan antara lain karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswa masih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisa bekerjasama dalam kelompok dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 20 Indarung Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 43 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas eksperimen adalah siswa kelas IVA dan sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas IVB SDN 20 Indarung Padang. Instrumen penelitian adalah angket motivasi belajar dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada Tema 8 menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada metode konvensional. (2) Hasil belajar siswa pada Tema 8 yang memiliki Motivasi Belajar Tinggi menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada metode konvensional. (3) Hasil belajar siswa pada Tema 8 yang memiliki motivasi belajar rendah menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada metode konvensional. (4) Tidak terdapat interaksi antara model kooperatif tipe STAD dengan metode konvensional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:33
Last Modified: 30 Jul 2020 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27805

Actions (login required)

View Item View Item