Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kabupaten Kaur

Persawan, Tendi (2020) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kabupaten Kaur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TENDI_PERSAWAN_14088143_91_2020.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diduga rendahnya hasil belajar siswa SMPN 14 Kabupaten Kaur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran penjaske mungkinan disebabkan oleh beberapa factor diantaranya kuranganya motivasi siswa dalam belajar.Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa SMP Negeri 14 KabupatenKaur. Jenis penelitian adalah korelasional.Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah populasi pada penelitian kelas VIII (129) Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebesar 20%. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 26 orang. Data dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial dengan rumus korelasional sederhana dan ganda. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: Terdapat hubungan yang berarti (signifikan) motivasi belajar terhadap hasil belajar penjasorkes pada siswa SMP Negeri 14 Kabupaten Kaur, dengan analisisrhitung 0,417>rtabel 0,388dan diterima kebenarannya secara empiris. Motivasi merupakan sebagai proses yang mengciptakan tindakan dan tujuan dan disadari didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang memberihkan pada arah kegiatan belajar untuk mencapai suatu tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:01
Last Modified: 22 Jul 2020 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27751

Actions (login required)

View Item View Item