Kajian Gaya Belajar dan Kaitannya Dengan Kompetensi Belajar IPA Biologi Peserta Didik MTs Kecamatan Rumbai Tahun Pelajaran 2017/2018

Saharuddin, Saharuddin (2019) Kajian Gaya Belajar dan Kaitannya Dengan Kompetensi Belajar IPA Biologi Peserta Didik MTs Kecamatan Rumbai Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SAHARUDDIN_15177038_6658_2019.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Gaya belajar merupakan kemampuan seseorang untuk menyerap dan kemudian mengelola pengetahuan atau informasi dalam rangka mencapai prestasi belajar dan meningkatkan kompetensi peserta didik. Penyebab rendahnya kompetensi peserta didik adalah belum mengetahui gaya belajar yang dimilikinya dan pendidik kurang memperhatikan tentang gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik pada peserta didik MTs Rumbai dan mengungkapkan hubungan gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Biologi terhadap kompetensi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptive corelation. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif didapat dari angket, observasi dan dokumentasi hasil belajar peserta didik, sedangkan data kualitatif didapat dari wawancara dengan pendidik IPA Biologi. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Kecamatan Rumbai Pekanbaru berjumlah 3 MTs dan 2 Pondok Pesantren sebanyak 14 kelas, jumlah peserta didik 348 orang. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana untuk mengungkap gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian diketahui gaya belajar peserta didik Madrasah Tsanawiyah dan Pondok Pesantren Rumbai secara keseluruhan adalah rata-rata visual 57,4% (200 peserta didik) rata-rata auditorial 24,9% (87 peserta didik) dan rata-rata kinestetik 17,6% (61 peserta didik). Berdasarkan uji korelasi regresi sederhana maka diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat antara gaya belajar dengan hasil belajar IPA Biologi peserta didik MTs Rumbai. Pendidik sebaiknya harus memperhatikan gaya belajar peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik serta bermanfaat bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:37
Last Modified: 09 Jul 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item View Item