Hubungan Persepsi Senior terhadap Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Bullying kepada Junior di SMA Negeri 1 Kisaran

Sari, Siti Wulan (2019) Hubungan Persepsi Senior terhadap Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Bullying kepada Junior di SMA Negeri 1 Kisaran. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SITI_WULAN_SARI_15151067_1293_2019.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah bullying kepada junior. Persepsi senior terhadap pengenalan lingkungan sekolah dan dukungan sosial teman sebaya merupakan faktor penyebab terjadinya bullying kepada junior. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) bullying kepada junior, persepsi senior terhadap pengenalan lingkungan sekolah, dukungan sosial teman sebaya, dan menguji: (2) hubungan persepsi senior terhadap pengenalan lingkungan sekolah dengan bullying kepada junior, (3) hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan bullying kepada junior, dan (4) hubungan persepsi senior terhadap pengenalan lingkungan sekolah dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama dengan bullying kepada junior. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 408 siswa. Sampel diperoleh sebanyak 202 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara umum bullying berada dalam kategori rendah, persepsi senior yang positif terhadap pengenalan lingkungan sekolah berada dalam kategori baik, dukungan sosial teman sebaya yang positif berada dalam kategori tinggi, (2) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara persepsi senior yang positif terhadap pengenalan lingkungan sekolah dengan bullying kepada junior, (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya yang positif dengan bullying kepada junior, dan (4) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara persepsi senior yang positif terhadap pengenalan lingkungan sekolah dan dukungan sosial teman sebaya yang positif secara bersama-sama dengan bullying kepada junior

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:22
Last Modified: 07 Jul 2020 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27579

Actions (login required)

View Item View Item