Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi AutoPlay Studio 8 Di Madrasah Tsanawiyah (MTS)

Susandi, Susandi (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi AutoPlay Studio 8 Di Madrasah Tsanawiyah (MTS). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SUSANDI_17155007_6087_2019.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di sekolah pada umumnya masih kurang inovatif, hanya menggunakan media-media yang tersedia di lingkungan sekolah, dan belum memanfaatkan teknologi. Bahan ajar belum menuntun siswa belajar secara mandiri. Perlu dikembangkan Bahan ajar yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan Bahan ajar berbasis multimedia menggunakan aplikasi AutoPlay Studio 8 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efetivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa dan guru. Data keefektifan dilihat dari pengamatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia menggunakan aplikasi AutoPlay Studio 8 dalam pembelajaran Fiqih yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami, serta penyajiannya jelas disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya tarik/minat siswa untuk belajar Fiqih. Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 87,2%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Fiqih menggunakan AutoPlay Studio 8 yang dikembangkan untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:17
Last Modified: 29 Jun 2020 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item