Pembuatan Bahan Ajar Fisika melalui Pendekatan Konstruktivisme Bemuansa Hikmah pada Materi Hukum Newton Gravitasi, Momentum dan Impuls Untuk Kelas X SMA/MA.

Agustia, Lara (2019) Pembuatan Bahan Ajar Fisika melalui Pendekatan Konstruktivisme Bemuansa Hikmah pada Materi Hukum Newton Gravitasi, Momentum dan Impuls Untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LARA_AGUSTIN_15033112_3510_2019.pdfA.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Fisika yang masih terpusat pada guru, dan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Pembelajaran Fisika menuntut siswa untuk mencari, mengalami, menggali, dan menemukan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Bahan Ajar Fisika melalui pendekatan konstruktivisme bemuansa hikmah yang valid serta untuk mengetahui kevalidan bahan ajar fisika melalui pendekatan konstruktivisme bemuansa hikmah. Penelitian yang dilakukan termasuk kepada langkah-langkah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Tahap- tahap yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi 3 orang dosen Fisika FMIPA UNP, dan 3 orang guru dari sekolah yang berbeda, yaitu SMAN 4 Pariaman, SMAN 1 Nan Sabaris, dan SMAN 2 Batang Anai. Instrumen Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan instrumen lembar validitas. Teknik analisis data yang digunakan yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif terhadap validitas produk. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian yaitu produk yang dihasilkan berupa bahan ajar melalui pendekatan konstruktivisme bemuansa hikmah pada materi hukum newton gravitasi, momentum dan impuls dinilai dari beberapa komponen yang meliputi komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian dan komponen kegrafisan dengan persentase nilai rata-rata yang didapatkan yaitu 83,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini berada pada kategori sangat tinggi, yang nantinya bahan ajar ini bisa dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas yang akan dikembangkan oleh peneliti selanjutnya sehingga bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 12:42
Last Modified: 26 Jun 2020 12:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27383

Actions (login required)

View Item View Item