Pengaruh Model Pembelajaran lnkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lintau Buo Utara

Parnandes, Uun (2019) Pengaruh Model Pembelajaran lnkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lintau Buo Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_UUN_PARNANDES_1201308_3896_2019.pdfA.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran Biologi SMAN 1 Lintau Buo Utara. Permasalahan tersebut yaitu belum diterapkannnya model pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar pesera didik yang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SMAN 1 Lintau Buo Utara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Lintau Buo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian The Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X tahun ajaran 2018/2019 yang terdaftar pada kelas reguler yaitu sebanyak 210 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas konrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 35 butir soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data penilaian hasil belajar. Didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,54 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 69,22. Berdasarkan uji statistik menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung 4,53> ttabel 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 1 Lin tau Buo Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27283

Actions (login required)

View Item View Item