Pengembangan Media Pembelajaran £-Learning Berbasis Schoology tentang Materi Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Yoanda, M. Risai (2019) Pengembangan Media Pembelajaran £-Learning Berbasis Schoology tentang Materi Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_M. RISAI_YOANDA_1301513_3534__2019.pdfA.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan interaksi antara guru dan peserta didik yang berlangsung dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar konvensinoal, guru memiliki keterbatasan dalam mengajar peserta didik, walaupun masih banyak hal-hal positif juga yang dapat diperoleh darinya, beberapa keterbatasan itusalah satunya, peserta didik yang kurang termotivasi untuk membawa buku-buku tebal dikarenakan berat dan sebagainya, dalam proses pembelajaran Information Communication Technology (JCT) dimana penggunaan teknologi dapat diimplementasikan dalam pengumpulan berkas maupun buku yang dapat disimpan didalam media pembelajaran e-learning sehingga peserta didik tidak perlu membawa buku yang tebal dan berat. Hasil observasi disekolah, diketahui bahwa kurangnya minat baca dan motivasi peserta didik, kurang berminatnya membawa buku yang tebal. Maka dikembangkanlah media pembelajaran e-learning berbasi schoology untuk peserta didik kelas X SMA. Pengembangan media ini menggunakan tiga tahapan dari 4-D models yaitu define, design, dan development. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran e- learning barbasis schoology untuk peserta didik kelas X. Media schoology divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru SMA Negeri 1 Pariaman, selanjutnya dilakukan uji untuk mengetahui tingkat kepraktisan media schoology oleh guru dan peserta didik kelasX SMA Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran e-learning berbasis schoology tentang materi animalia untuk peserta didik kelas X SMA dengan kriteria sangat valid untuk uji validitas, dan kriteria sangat praktis untuk uji praktikalitas kepada guru dan peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis schoology yang dikembangkan sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:32
Last Modified: 24 Jun 2020 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27259

Actions (login required)

View Item View Item