Analisis Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Materi Keanekaragaman Hayati Menggunakan Two Tier Multiple Choice Test di SMAN 1 Rupat Utara.

Erliza, Amalia Suci (2019) Analisis Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Materi Keanekaragaman Hayati Menggunakan Two Tier Multiple Choice Test di SMAN 1 Rupat Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AMALIA_SUCI_ERLIZA_15031088_3522_2019.pdfA.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah suatu kemampuan untuk menguasai dan memaknai komponen-komponen penting dari suatu konsep. Pemahaman konsep hams dimiliki peserta didik agar mendapatkan hasil belajar yang baik serta diharapkan mampu menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa materi biologi yang bersifat abstrak dan membahas tentang variasi makhluk hidup dinilai sulit dipahami oleh peserta didik dan berdampak pada kemampuan menyelesaikan masalah dan nilai ujian. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi tingkat pemahaman konsep peserta didik menggunakan two tier multiple choice test yang bertujuan mengetahui persentase pemahaman peserta didik tentang konsep materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMAN 1 Rupat Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini mengambil seluruh anggota populasi yaitu sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui instrumen penelitian berupa soal two tier multiple choice dan dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat pemahaman peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Rupat Utara tentang konsep materi keanekaragaman hayati yaitu tidak paham konsep sebesar 65,8% dengan kategori tinggi, paham konsep sebesar 25,7% dengan kategori rendah dan miskonsepsi sebesar 8,55% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa peserta didik paling banyak mengalami tidak paham konsep tentang materi keanekaragaman hayati dengan kriteria tinggi. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Two Tier Multiple Choice Test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 08:33
Last Modified: 23 Jun 2020 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item