Kompetensi Mata Kuliah Peningkatan Keterampilan Berbahasa (Suatu Kajian Mixed Method)

Mahyuddin, Ritawati and Sukma, Elfia and Rahmatina, Rahmatina (2018) Kompetensi Mata Kuliah Peningkatan Keterampilan Berbahasa (Suatu Kajian Mixed Method). Project Report. PGSD FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_159_lapakh_LAPORANAKHIR100TAHUN2baru.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa dalam mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji kompetensi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa dalam mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia menurut dosen, pengawas sekolah dasar, dan guru; (2) mengkaji kerangka kompetensi mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia; dan (3) mengkaji pengembangan silabus dan draft modul mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. Penelitian pada tahun pertama bertujuan untuk mengkaji kompetensi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa dalam mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia dan mengkaji kerangka kompetensi mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran yang bertujuan untuk mendapatkan hasil penelitian yang komprehensif. Alat penelitian yang digunakan yaitu pertanyaan wawancara dan kuesioner. Formulir wawancara digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden secara kualitatif, sedangkan kuesioner digunakan untuk memperoleh jawaban responden secara kuantitatif. Tahun pertama ini telah menghasilkan kerangka kompetensi mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia yaitu kompetensi aspek kognitif dengan lima indikator, yaitu teori keterampilan berbahasa yang terdiri dari empat subkonstruk yaitu hakikat menyimak, hakikat berbicara, hakikat membaca, dan hakikat menulis; metode pembelajaran keterampilan berbahasa; penilaian pembelajaran keterampilan berbahasa; keterampilan menyimak; dan keterampilan membaca. Kompetensi aspek afektif dengan dua indikator, yaitu kesungguhan terhadap pembelajaran keterampilan berbahasa dan motivasi dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Kompetensi aspek psikomotor dengan tiga indikator yaitu keterampilan berbicara dan menulis, keterampilan menggunakan media, dan keterampilan melaksanakan pembelajaran keterampilan berbahasa. Penelitian tahun kedua bertujuan untuk mengkaji pengembangan silabus dan draft modul mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia untuk mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian yang menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yakni pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi modul. Kepraktisan dilihat melalui angket respon mahasiswa dan dosen. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis observasi aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Populasi sasaran ini adalah mahasiswa PGSD FIP UNP. Sedangkan penarikan sampel akan dilakukan dengan teknik cluster sampling. Dalam hal ini, jurusan PGSD FIP UNP dibagi menjadi tiga UPP. Dari ketiga UPP akan dipilih satu UPP yang menjadi perwakilan untuk penelitian. Hasil penelitian dari uji validitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7 dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas dari hasil jawaban angket respon dosen diperoleh nilai rata-rata 3,5 dengan kategori sangat praktis, dan pada angket respon mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 3,69 dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji efektivitas, didapatkan hasil persentase aktivitas mahasiswa 81,07 dengan kategori efektif. Ini berarti modul pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa modul pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia pada mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:49
Last Modified: 22 Jun 2020 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27202

Actions (login required)

View Item View Item