Pengembangan Literasi Menulis Prosa dengan Menggunakan Guided Writing sebagai Upaya Pencerdasan Karakter Menuju Generasi Emas untuk Siswa SD

Arief, Darnis and Muhammadi, Muhammadi and Nasrul, Nasrul (2018) Pengembangan Literasi Menulis Prosa dengan Menggunakan Guided Writing sebagai Upaya Pencerdasan Karakter Menuju Generasi Emas untuk Siswa SD. Project Report. PGSD FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_130_lapakh_BuDarnisAriefLaporanAkhirFinish.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Terbengkalainya perhatian terhadap penguasaan keterampilan menulis membuat siswa kualahan dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Minimnya keterampilan siswa menghasilkan karya tulis prosa berbasis karakter membuat siswa jarang diingatkan dengan sikap yang patut ditiru. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan pengembangan literasi menulis dengan menghasilkan inovasi dan pengembangan pencerdasan karakter di SD menuju generasi emas yang ditunjukkan lewat karya tulis prosa siswa yang diciptakan sebagai upaya mengingatkan sikap positif oleh siswa yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan berdaya guna untuk siswa sendiri. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji profil pengembangan dengan preliminary research dan menyusun prototipe berupa bahan ajar literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing untuk siswa kelas IV SD. (2) mengkaji prototyping phase menuju praktikalitas pengembangan literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing untuk siswa kelas IV SD, dan (3) mengkaji efektivitas pada assesment stage melalui pengembangan literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing untuk siswa kelas IV SD. Metode pengembangan literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing untuk siswa kelas IV SD yang digunakan yaitu model Plomp (analisis pendahuluan/preliminary research), perancangan/prototyping phase, dan penilaian/assesment stage). Model Plomp yang digunakan dapat mengetahui kebutuhan siswa pada tahap analisis pendahuluan/preliminary research dan menghasilkan desain prototype dengan self evaluation dan expert review evaluation oleh ahli pada tahap perancangan/prototyping phase berdasarkan kebutuhan. Prototype diujicoba dengan metode one to one evaluation. Hasil evaluasi dilanjutkan dengan ujicoba dengan metode small group dan fielt test evaluation untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas dilakukan ujicoba dengan metode fielt test evaluation pada tahap penilaian/assesment stage di kelas yang berbeda. Tahun ke-1 penelitian fokus pada tahap analisis pendahuluan/preliminary research dan perancangan/prototyping phase. Tahun pertama ini menghasilkan produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan prototipe berupa bahan ajar literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing untuk siswa kelas IV SD yang valid. Tahun ke-2 penelitian fokus pada tahap prototyping phase lanjutan dan tahap assessment stage. Bahan ajar direvisi berdasarkan hasil validasi, uji one to one evaluation, dan uji small group evaluation. Temuan tahun kedua, yaitu bahan ajar literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing untuk siswa kelas IV SD sudah praktis dan efektif digunakan. Siswa merasa terbantu memudahkan menulis prosa karya sendiri dengan penanaman sikap di dalamnya. Sedangkan tahap assessment stage juga sudah dilaksanakan, temuan penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar literasi menulis prosa dengan menggunakan guided writing sudah efektif dan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:05
Last Modified: 22 Jun 2020 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27171

Actions (login required)

View Item View Item