Kontribusi Pola Asuh Anak, Status Sosial Ekonomi Keluarga Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. (Studi Korelasi Pada Murid Taman Kanak-Kanak Perwari II Kecamatan Padang Utara Kota Padang).

Fajri, Hadi Peri (2017) Kontribusi Pola Asuh Anak, Status Sosial Ekonomi Keluarga Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. (Studi Korelasi Pada Murid Taman Kanak-Kanak Perwari II Kecamatan Padang Utara Kota Padang). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HADI_PERY_FAJRI_10970_2807_2017 (2).pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah kurangnya kemampuan murid TK dalammelakukan gerakan - gerakan motorik kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Pola Asuh Anak, Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua terhadap Kemampuan Motorik Kasar Murid Taman Kanak Kanak Perwari II Kecamatan Padang Utara Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan Metode Korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid TK Perwari II Padang yang berjumlah 31 orang Murid, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan teknik total sampling sehingga 31 orang murid ditetapkan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket penelitian untuk mengetahui Pola Asuh Anak, Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, dan Tes Kemampuan Motorik Kasar, yang meliputi : tes melompat, berjalan, berlari, gerak keseimbangan (gerakan pesawat terbang), melempar dan menangkap bola untuk mengetahui Kemampuan Motorik Kasar Murid TK. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis regresi dan juga korelasi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pola Asuh Anak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Kemampuan Motorik Kasar Murid TK Perwari II Padang sebesar 29.15%. (2) Status Sosial Ekonomi Keluarga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Kemampuan Motorik Kasar Murid TK Perwari II Padang sebesar 14.91%. (3) Latar Belakang Pendidikan Orang Tua memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Kemampuan Motorik Kasar Murid TK Perwari II Padang sebesar 26.80%, dan (4) Pola Asuh Anak, Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua secara bersama�sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Kemampuan Motorik Kasar Murid TK Perwari II sebesar 50.37%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:18
Last Modified: 23 Jun 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27166

Actions (login required)

View Item View Item