An Analysis of Teacher's Oral Corrective Feedback on Student's Speaking Performance at SMPN 1 Bukittinggi

Henner, Regina (2020) An Analysis of Teacher's Oral Corrective Feedback on Student's Speaking Performance at SMPN 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_REGINA_HENNER_1508078_590_2020.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A_2_ALODIA_FAISKA_16017001_317_2019.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bahasa inggris di SMPN 1 Bukittinggi memberikan oral corrective feedback kepada siswa saat kegiatan atau penampilan speaking, cara guru memberikan oral corrective feedback dan apa saja tipe oral corrective feedback yang cocok dan tidak cocok yang diberikan oleh guru-guru tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 guru bahasa inggris di SMPN 1 Bukittinggi. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi checklist, catatan lapangan, dan rekaman suara. Data yang diperoleh dengan menggunakan observasi checklist berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Ellis(2009) dan dinilai berdasarkan Peraturan Akademik Universitas Negeri Padang 2015). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing guru bahasa inggris di SMPN 1 Bukittinggi memberikan oral corrective feedback yang berbeda-beda; secara langsung dan tidak langsung. Masing-masing guru juga memiliki alasan yang berbeda-beda terhadap cara mereka memberikan oral corrective feedback kepada siswa. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa masing-masing guru juga memberikan tipe oral corrective feedback yang berbeda. Setelah dianalisa berdasarkan data dari observasi dan wawancara ditemukan bahwa tipe oral corrective feedback yang cocok untuk siswa adalah repetition, explicit correction, and paralinguistic signal. Sementara itu, tipe oral corrective feedback yang tidak cocok untuk siswa adalah recast dan clarification request.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2021 07:54
Last Modified: 24 Mar 2021 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item View Item