Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal

Sumihardi, Ilham (2019) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ILHAM_SUMIHARDI_15147021_3245_2019.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal yang menunjukkan masih rendahnya kinerja guru. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat: (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, (2) kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, dan (3) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 150 orang guru. Sampel diambil dengan menggunakan metode stratified proporsional random sampling, berjumlah 76 orang guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal sebesar 15,8%. (2) iklim sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal sebesar 50,9%. (3) kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal sebesar 54%. Dari hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris dan variabel kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, sisanya 46% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26771

Actions (login required)

View Item View Item