Pengaruh Model Pembelajaran Children's Learning In Science (CLIS) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD.

lndriyani, Desi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Children's Learning In Science (CLIS) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DESI_INDRIYANI_18124067_67_2020.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berberapa masalah yang ditemukan peneliti pada riset awal yang mana pada pelaksanaan kurikulum 2013 tepatnya pada pembelajaran tematik terpadu, sangatlah penting dilaksanakan model pembelajaran yang dapat dipadukan pada proses pembelajaran.Model pembelajaran yang dapat dipadukan dalam proses pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana dengan baik. Aktivitas belajar siswa juga belum terlaksana dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar. Salah satu model yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu yaitu model pembelajaran Children's Learning In Science (CLIS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model CLIS terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD; (2) pengaruh model CLIS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD; (3) hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 1 wilayah 1 Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 52 Parupuk Tabing. Data penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar siswa yang instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi aktivitas belajar dan tes objektif. Model pembelajaran CLIS berpengaruh kepada aktivitas belajar siswa yang dapat dilihat dari kelebihan yang dimilikinya. Aktivitas siswa dalam belajar juga dikategorikan aktif. Ini semua terlihat dari semangat dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran CLIS juga berhasil mempengaruhi hasil belajar siswa. Keberhasilan ini dikarenakan model CLIS memiliki langkah-langkah pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa : ( 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Children's Learning In Science (CLIS) terhadap aktivitas pada pemebelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. (2) terdapat pengaruh model CLIS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD; (3) terdapat hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:36
Last Modified: 10 Jun 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26762

Actions (login required)

View Item View Item