Efektivitas Media Busy Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memasang Kancing Baju Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Pre-Eksperimental Design di SLB Bina Bangsa Padang)

Mardalena, Desvi (2019) Efektivitas Media Busy Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memasang Kancing Baju Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Pre-Eksperimental Design di SLB Bina Bangsa Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DESVI_MARDALENA_15003086_3368_2019.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terdapat lima orang anak tunagrahita sedang di SLB Bina Bangsa Padang. Pada saat peneliti melakukan pengamatan, kelima anak tunagrahita sedang ini terlihat kurang mampu memasang kancing baju secara mandiri. Kelima anak tunagrahita sedang ini juga terlihat kurang berminat dalam pembelajaran bina diri memasang kancing baju karena media yang digunakan guru tidak menarik minat anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas media busy book dalam meningkatkan keterampilan memasang kancing baju bagi anak tunagrahita sedang di SLB Bina Bangsa Padang. Penelitian ini menggunakan metode eskperimen dengan bentuk pre experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Dimana subjek yang terdiri dari lima orang siswa diberikan pretest selanjutnya diberikan treatment dengan media busy book, dan dilanjutkan dengan memberikan posttest untuk melihat kemampuan setelah treatment. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney yang menghasilkan U_hit = 25 dan U_tab = 4 pada taraf signnifikan 95 % dan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena U_hit >U_tab, jadi terbukti bahwa media busy book efektif untuk meningkatkan kemampuan memasang kancing baju bagi anak tunagrahita sedang di SLB Bina Bangsa Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 May 2020 02:21
Last Modified: 20 May 2020 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26610

Actions (login required)

View Item View Item