Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Video Tutorial pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas VIII SMPLB Bina Bangsa Padang

Febriani, Sinta (2019) Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Video Tutorial pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas VIII SMPLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SINTA_FEBRIANI_15003070_3646_2019.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita kategori sedang melalui video tutorial menggosok gigi. Latar belakang permasalahan penelitian ini yaitu dua orang anak kelas VIII C yang mengalami permasalahan pada giginya. Setelah dilakukan observasi dan asesmen berulang kali ternyata anak mengalami permasalahan dalam menggosok gigi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari 8 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita kategori sedang. Pada siklus I dengan 4 kali pertemuan RF dari kemampuan awal sebesr 47% meningkat menjadi 60%. Sedangkan KK dari 49% meningkat menjadi 62%. Pada siklus II dengan 4 kali pertemuan keterampilan menggosok gigi anak terus meningkat subjek RF meningkat menjadi 86% dan subjek KK meningkat menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media video tutorial menggosok gigi dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita kategori sedang. Kata Kunci : bina diri mengggosok gigi, anak tunagrahita kategori sedang, video tutorial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2020 23:58
Last Modified: 10 May 2020 23:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26548

Actions (login required)

View Item View Item