Meningkatkan Kemampuan Konsep Ruang Melalui Permainan Engklek bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas II SD N 18 Koto luar Padang)

Erzul, Wulandari Pertiwi (2019) Meningkatkan Kemampuan Konsep Ruang Melalui Permainan Engklek bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas II SD N 18 Koto luar Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WULANDARI_PERTIWI_ERZUL_15003076_3648_2019.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan anak kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan yaitu mengenai konsep ruang bagian kanan, kiri, depan dan belakang. Permasalahan ini ditemukan di SD N 18 Koto Luar Padang, yang mana sekolah ini merupakan sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam konsep ruang yaitu kanan, kiri, depan dan beakang melalui permainan engklek. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen. Eksperimen ini termasuk kedalam kategori penelitian Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Untuk mengukur dan mengumpulkan data pada kondisi baseline pertama (A1) secara kontinyu selama 5 kali pertemuan sampai data stabil. Memberikan intervensi melalui permainan engklek (B) dilakukan selama 8 kali pertemuan sampai data stabil. Memberikan kondisi baseline yang kedua (A2) selama 3 kali pertemuan untuk melihat apakah ada pengaruh intervensi yang diberikakan terhadap perilaku anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan konsep ruang anak berkesulitan belajardi SD Negeri 18 Koto Luar Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:13
Last Modified: 24 Apr 2020 15:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26429

Actions (login required)

View Item View Item