Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Pendidikan Karakter Cerdas Format Klasikal (PKC-KA) untuk Meningkatkan Penalaran Moral Mahasiswa Tahun Pertama S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dalam Perilaku Prososial

Hayati, Ria (2019) Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Pendidikan Karakter Cerdas Format Klasikal (PKC-KA) untuk Meningkatkan Penalaran Moral Mahasiswa Tahun Pertama S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dalam Perilaku Prososial. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIA_HAYATI_16151037_4775_2019.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penalaran mahasiswa dalam perilaku prososial adalah dengan memberikan layanan informasi menggunakan model pendidikan karakter cerdas format klasikal. Penggunaan media pendukung dalam pemberian layanan ini dengan buku saku yang dilandasi oleh kaidah-kaidah keilmuan pendidikan, kondisi praktis dan tindakan praktif yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi menggunakan model pendidikan karakter cerdas format klasikal dengan layanan informasi biasa dalam mengingkatkan penalaran moral mahasiswa dalam perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Subjek penelitian adalah mahasiswa tahun pertama Bimbingan dan Konseling FIP sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 orang dan sebagai kelas kontrol sebanyak 24 orang. Instrumen pada penelitian ini menggunakan alat ungkap penalaran moral yang dimodifikasi oleh DIT (Deffening Issued Test) dalam perilaku prososial yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.00. Berdasarkan temuan tersebut: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada skor penalaran moral dalam perilaku prososial kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan mengikuti layanan informasi menggunakan model pendidikan karakter cerdas format klasikal, (2) terdapat perbedaan pada skor penalaran moral dalam perilaku prososial kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan mengikuti layanan informasi, dan (3) layanan informasi dengan model pendidikan karakter cerdas format klasikal lebih efektif dalam meningkatkan penalaran moral mahasiswa dalam perilaku prososial. Perbedaan dapat dilihat dari hasil posttest kelompok eksperimen yang lebih tinggi dari pada hasil posttest kelompok kontrol, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan model pendidikan karakter cerdas format klasikal lebih efektif dalam meningkatkan penalaran moral mahasiswa dalam perilaku prososial

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:55
Last Modified: 18 Mar 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26236

Actions (login required)

View Item View Item