Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi untuk SMA/MA Kelas X.

Putri, Siska Triana (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi untuk SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SISKA_TRIANA_PUTRI_14035042_864_2019.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning untuk materi Reaksi Redoks telah diuji cobakan di kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning yang valid dan praktis pada materi Reaksi Redoks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) define (tahap pendefinisian), (2) design (tahap perancangan), (3) develop (tahap pengembangan) dan (4) disseminate (tahap penyebaran). Namun, pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Lembar validitas diisi oleh 2 orang dosen kimia dan 3 orang guru kimia. Lembar praktikalitas diisi oleh 3 orang guru dan 28 orang siswa kelas XI SMA Pembanguna Laoratorium UNP. Berdasarkan hasil analisis uji validitas diperoleh nilai rata-rata momen kappa (k) adalah 0,83 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil analisis uji praktikalitas pada guru diperoleh momen kappa sebesar 0,83 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi, sedangkan uji praktikalitas pada peserta didik diperoleh momen kappa sebesar 0,81 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning valid dan praktis untuk digunakan. Kata Kunci : LKPD, problem based learning, Reaksi Redoks, Research and Development (R&D), Model 4-D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Mar 2020 02:41
Last Modified: 18 Mar 2020 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26200

Actions (login required)

View Item View Item