Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang.

Rahmi, Nurul Aulia (2019) Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURUL_AULIA_RAHMI_15031116_596_2019.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Kebutuhan terhadap pendidikan dapat dirasakan dalam segala segi kehidupan manusia. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan mengajar dan keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari proses belajar dan mengajar. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya basil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi basil belajar peserta didik adalah motivasi. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang ada didalam diri seseorang untuk lebih rajin belajar dalam mencapai basil belajar yang diinginkan. Hasil observasi di SMPN 22 Padang menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah, Hal ini terlihat dari aktifitas belajar peserta didik dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan basil belajar kognitifIPA peserta didik kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan pada bulan Januari di kelas VII SMPN 22 padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel berjumlah 30 orang peserta didik yang berada pada satu kelas yaitu kelas VII 5. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dengan cara mengundi satu kelas yang dijadikan sampel. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasi signifikan atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang sedang antara motivasi belajar dengan basil belajar kognitif IPA peserta didik dengan nilai r= 0,53, koefisien nilai thitung yaitu 3,31 Iebih besar dari t1abel yaitu 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan basil belajar kognitif IPA peserta didik pada kelas VII 5 SMPN 22 Padang dengan nilai thitung yaitu 3,31 , pada taraf kepercayaan 95% dengan db=28, lebih besar dari t1abe1 yaitu 2,02.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:35
Last Modified: 17 Mar 2020 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26184

Actions (login required)

View Item View Item