Efektivitas Video Tutorial Dalam Meningkatkan Keterampilan Merias Wajah Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Pre-Eksperimental Pada Kelas iX di SLBN 2 Padang

Syafda, Yolanda (2019) Efektivitas Video Tutorial Dalam Meningkatkan Keterampilan Merias Wajah Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Pre-Eksperimental Pada Kelas iX di SLBN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YOLANDA_SYAFDA_15003031_5085.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterampilan merias wajah bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan video tutorial efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan merias wajah bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang berbentuk pre-eksperimental dengan jenis one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini 5 orang anak tunagrahita ringan di SLB N 2 Padang. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pertama pretest untuk mengetahui kondisi awal kemampuan merias wajah, selanjutnya diberikan treatment dengan menggunakan video tutorial dan dilanjutkan dengan memberikan posttest diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Tast. Dari hasil penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 34,00 sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 85,80. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperolah nilai rank tast antara pretest dan posttest 2,023 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,043. Probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,043 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan model video tutorial dalam meningkatkan keterampilan merias wajah bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:00
Last Modified: 17 Mar 2020 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26162

Actions (login required)

View Item View Item