Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP

Haryati, Novi (2019) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NOVI_HARYATI_15046105_5814_2019.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat penggunaan model kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. J enis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Ke las (PTK). Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa secara umum mencapai kriteria Aktif (pada lembar observasi aktivitas belajar memenuhi standar keberhasilan penelitian yaitu 75%). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan aktivitas belajar siswa berada pada kategori sangat baik (85,96%). Indikator yang meningkat pada kategori sangat baik adalah aktivitas membaca, berdiskusi, memberikan tanggapan. Aktivitas yang meningkat pada kategori baik adalah bertanya, dan menjawab, sedangkan aktivitas yang meningkat dengan kategori tidak teratur (pada sub indikator terdapat pengkatan pada kategori baik dan sangat baik) yaitu indikator memperhatikan dan mendengarkan, mencatat, membuat tugas. Langkah-langkah model group investigation efektif untuk meningkatkan aktivitas siswa secara berkelompok, dan perlu dirancang tugas individu yang dapat menyeimbangkan berkembangkanya aktivitas siswa baik secara berkelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:00
Last Modified: 17 Mar 2020 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26157

Actions (login required)

View Item View Item